10 Tips Bikin Bisnis Laku Keras di Instagram

Sebagai aplikasi berbagi foto dan video yang paling populer, Instagram juga merupakan salah satu sosial media yang memiliki peranan cukup penting bagi sebuah bisnis. Mempromosikan bisnis secara online di internet sekarang bisa jauh lebih efektif dengan menggunakan Instagram. Pasalnya, Instagram menjadi salah satu marketing platform yang banyak digemari.

Sebagai seorang pembisnis pemula, Anda perlu mengetahui beberapa tips agar bisnis atau produk cepat laku di instagram. Penasaran dengan tipsnya? Yuk simak berikut ini:

1. Manfaatkan semua fitur Instagram

Instagram memberikan kebebasan untuk pengguna. Maka dari itu, gunakan semaksimal mungkin semua fitur yang tersedia di instagram agar mendapatkan hasil yang maksimal. Fitur-fitur apa saja kah yang di maksud? IG Ads, IG story, Bio, link bio, highlights, IG feed, IG live dan IG tv.

2. Membuat Konten menarik

Upload konten atau produk Anda dengan menarik dan sedap dipandang. Hal ini juga menjadi salah satu faktor atau pemicu pelanggan agar tertarik dan datang berkunjung ke akun Anda dan membeli produk yang ditawarkan. Silahkan tentukan desain dan edit gambar/video produk dengan cantik serta menarik sebelum di upload. Selain itu, jangan lupa gunakan hastag yang relefan dengan produk Anda untuk memperluas jangkauan pasar.

3. Membuat konten interaktif

Buatlah konten seinteraktif mungkin agar dapat pengguna banyak tertarik dan suka terhadap bisnis Anda. Bagaimana cara membuat konten interaktif? Anda bisa membuat konten interaktif di Instagram seperti IG poll, IG question, IG, comments, Membuat quiz, challenge, dan Give away.

4. Membuat jadwal posting

Membuat jadwal upload produk dengan analisa keadaan keramaian lalulintas di instagram. Gunakan jam-jam awal hari seperti pukul 6.00 atau 7.00 pagi. Anda bisa upload produk pada jam-jam tersebut untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang lebih banyak.

5. Promosikan produk

Jualan memang perlu promosi, tujuannya untuk menaikkan pamor dan yang paling terpenting adalah menarik para pelanggan. Promosi dapat dilakukan dengan banyak metode seperti promosi mandiri, meminta promosi oleh teman, maupun menggunakan jasa pihak lain seperti perorangan maupun sebuah agen khusus media sosial yang telah dipercaya memiliki power serta pengikut yang banyak di Instagram.

6. Berbagi hadiah diwaktu tertentu

Buatlah kesan loyal terhadap pelanggan dengan memberikan atau membuat hadiah diwaktu tertentu. Kesan loyal akan mempengaruhi pelaggan untuk selalu berbelaja kepada Anda. Namun, usahakan jangan berlebihan atau terlalu sering memberi hadiah maupun giveaway terhadap pelanggan karena dapat berakibat kerugian materi jika tidak dikelola dengan baik.

7. Perlakukan pelanggan dengan ramah

Kita setuju bahwa pembeli adalah raja, kita pastinya tidak ingin kehilangan pelanggan bukan? maka perlakukanlah pelanggan Anda dengan sopan dan santun serta jujur dalam menjelaskan suatu produk yang mereka inginkan. Balaslah chat mereka dengan ramah sekalipun mereka tidak membeli produkmu.

8. Membuat sebuah komunitas

Komunitas juga tidak kalah penting, disana Anda dapat menggunakan mereka untuk mereview produk yang mereka beli. Hal ini dapat membantu memperkuat pamor dan jaringan bisnis. Anda dapat membangun komunitas di facebook seperti grup maupun halaman. Tanpa sadar mereka juga akan berpartisipasi dalam memperkuat jaringan bisnis.

9. Perkuat kerjasama dengan brand lain

Buatlah kerjasama yang menguntungkan dengan brand lain khususnya brand yang lebih besar dari bisnis anda. Kerjasama yang bagus mampu memperkuat kedudukan dan ekosistem bisnis anda melesat di sosial media khususnya di Instagram. Bisnis yang memiliki kerjasama yang kuat dengan brand lain mendapatkan nilai lebih di mata para pelanggan.

10. Konsisten terhadap bisnis

Saat menjalankan sebuah bisnis diperlukan jiwa yang sabar, tekun dan konsisten. Konsistensi berlaku di semua bisnis jika ingin bisnisnya maju. Tidak hanya konsisten dengan usaha namun konsisten berdoa juga kepada tuhan agar bisnis yang dijalani menjadi keberkahan.

Tag:

toko online, reseller, dropshiper, dropship, olshop, jualan, produk, pasar, pembeli, marketing

0 Comments:

Posting Komentar